Menjadi Desa Mandiri, Inilah Potensi Sumber Daya Alam Desa Nglayang 2022

PONOROGO I desanglayang.id – Desa Nglayang memiliki berbagai potensi sumber daya alam yang cukup baik. Ditunjang dengan kondisi tanah yang subur, Desa Nglayang di Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur ini menjadi salah satu desa yang berkembang melalui sektor peternakan dan pertaniannya yang unggul. Dengan potensi yang ada, Desa Nglayang di tahun 2022 ini dinobatkan menjadi desa Mandiri oleh pemerintah Kabupaten Ponorogo di tahun 2022.

Menurut Sekretaris Desa Nglayang, Nuryanto bahwa Desa Nglayang mempunyai luas wilayah seluas 287,20 hektar. Dari total tersebut di bagi menjadi 6 bagian anatara lain, luas tanah sawah seluas 152,00 hektar, luas tanah kering seluas 109,00 hektar, luas tanah basah seluas 0,00 hektar, luas tanah perkebunan seluas 0,00 hektar, luas tanah fasilitas umum seluas 26,20 hektar dan luas tanah hutan seluas 0,00 hektar.

Lebih lanjut di katakan Nuryanto bahwa desa Nglayang di Kecamatan Jenangan ini juga sama dengan desa-desa yang lain dibagi menjadi beberapa fungsi/penggunaan dan mempunyai mempunyai batas-batas desa. Batas wilayah Desa Nglayang di sebelah Utara perbatasan dengan desa Tanjungsari Kecamatan Jenangan, sebelah Selatan perbatasan dengan lahan perhutani di Kecamatan Pulung, Sebelah Timur perbatasan dengan Desa Paringan Kecamatan Jenangan dan di sebelah Barat perbatasan dengan Desa Jenangan Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo.

Wilayah Desa Nglayang, lanjut Nuryanto Sekretaris Desa Nglayang ini, bahwa Desa Nglayang terletak di ketinggian 350,00 mdl / meter di atas permukaan laut, dengan curah hujan mencapai 12,00 / bulan, dan suhu rata-rata 29,00 celsius. Adapun jumlah bulan hujan mencapai kurang lebih 12 bulan dalam setahun. Untuk jenis tanah di Desa Nglayang, sebagian besar berwarna hitam dengan tekstur tanah lempungan.

Desa Nglayang merupakan salah satu desa yang berkembang dan mandiri, melalui sektor pertaniannya. Salah satu hasil sumber daya alam terbesar di Desa Nglayang adalah di sektor pertanian padi sawah seluas 95,00 hektar, pertanian jagung seluas 23,00 hektar, pertanian kacang dan kedelai seluas 17,00 hektar dan pertanian ubi kayu seluas 32,00 hektar. Selain itu di Desa Nglayang juga kaya dengan buah-buahan, seperti buah manga 2,00 hektar, buah rambutan seluas 1,50 hektar dan buah pisang seluas 2,00 hektar.

“Dengan adanya potensi sumber daya alam yang ada saat ini, diharapkan Desa Nglayang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa serta dapat membantu mamajukan perekonomian di Desa Nglayang. Sesuai sloganya, “NGLAYANG DESAKU” (Damai, Endah, Sejahtera dan Kumandang).

  • Reporter : Media Center.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.